Pages

Ads 468x60px

Kamis, 21 Oktober 2010

Tentang Burung Hantu Salju

Burung yang penampilannya seperti hantu ini namanya adalah burung hantu , salah satu jenisnya adalah burung salju hantu .

Burung hantu salju ini biasanya memiliki bulu berwarna putih yang identik dengan daerah asalnya yang berasal dari daerah kutub Artik

Burung hantu salju adalah pemangsa kejam yang sebelum menyerang mangsanya ia bertengger ditempat tinggi dahulu dan mengidentifikasi mangsanya . Burung hantu salju memiliki penglihatan tajam dan pendengaran yang kuat, yang dapat membantu mereka menemukan mangsa yang tak terlihat di bawah vegetasi tebal atau tertutup salju. Burung-burung hantu tangkas merebut buruan mereka dengan cakar tajam mereka


Burung hantu salju sukses berkembang biak

Peningkatan jumlah burung hantu salju di belahan bumi selatan menunjukkan bahwa perkembangbiakan spesies Arktik itu di belahan bumi utara tahun lalu berlangsung sukses. Para ahli biologi menyatakan persaingan yang terjadi mendorong burung-burung muda terbang ke daerah yang beriklim lebih hangat.



Burung hantu salju, yang menjadi terkenal karena menjadi peliharaan Harry Potter, terlihat dalam jumlah kecil di wilayah utara Negara Bagian New York dan negara bagian sebelah utara lainnya setiap musim dingin. Tahun ini burung-burung itu juga terlihat lebih ke selatan, di negara bagian yang sebelumnya jarang terlihat.

Burung hantu salju juga menampakkan diri di Tennessee untuk pertama kalinya dalam 22 tahun. Burung hantu yang berbulu seputih salju itu terlihat pada awal Desember di lapangan yang mengelilingi pabrik General Motors di Spring Hill, Tennessee.

Burung hantu salju bersarang di atas tanah di tundra Arktik. Umumnya mereka tinggal di daerah itu sepanjang tahun dan berkunjung ke Kanada serta Amerika Utara saat musim dingin. Mereka cenderung terlihat dalam jumlah besar di Amerika Serikat setiap 3-5 tahun, terdorong oleh merosotnya populasi lemming, satwa mirip hamster yang menjadi makanan pokoknya.

"Tahun ini tampaknya populasi lemming amat bagus," kata Laura Erickson, ahli biologi di Cornell Lab of Ornithology di Ithaca. "Ketika lemming berlimpah, burung hantu salju berkembang biak dengan bagus."

Hasilnya, populasi burung hantu berkembang amat pesat sehingga banyak burung jantan muda yang terbang lebih jauh ke selatan untuk memperluas daerah jelajahnya dalam mencari makanan. Seekor burung dewasa bisa mengkonsumsi 3-5 lemming setiap hari atau 1.600 ekor per tahun.




0 komentar:

Posting Komentar