Pages

Ads 468x60px

Minggu, 31 Januari 2010

Makalah Chip




BAB I
PENDAHULUAN
I. Latar Belakang
Chip dikenal sbg Sirkuit terpadu adalah komponen dasar yang terdiri dari resistor, transistor dan lain-lain. Chip adalah komponen yang dipakai sebagai otak peralatan elektronika. Potongan kecil bahan semikonduktor (biasanya silikon) yang sirkuit terpadu tertanam. Chip tipikal kurang dari ¼ inci persegi dan dapat mengandung jutaan komponen elektronik. Komputer terdiri dari banyak chip yang ditempatkan pada papan elektronik yang disebut PCB.
Ada berbagai jenis chip. Sebagai contoh, chip CPU (juga disebut mikroprosesor) mengandung seluruh unit pengolahan, sedangkan chip memori berisi memori kosong.
II. Tujuan
Tujuan penulis membuat makalah ini adalah memberikan informasi tambahan mengenai konstruksi dasar, fungsi, jenis – jenis, dan prinsip kerja chip pada umumnya.
III. Ruang Lingkup
Makalah ini difokuskan untuk membahas tentang masalah chip secara umum yang meliputi definisi, jenis-jenis, karakteristik dan prinsip kerjanya.


BAB II
PEMBAHASAN
I. Definisi Chip
Orang jepang menyebutnya “beras Industri- bertanggung jawab terhadap proses miniaturisasi pada piranti elektronik, computer dan alat komunikasi. chip mampu menyimpan dan memproses data pada peranti-peranti elektronik yang kita kenal –oven microwave, kontroler game, pensintesa music, kamera, system injeksi bahan bakar mobil, pager dan satelit.
Terdapat beragam jenis chip, misalnya chip mikroprosesor, memori, logik, komunikasi, grafis dan chip coprosessor matematik. Salah satu microchip yang paling penting adalah microprosessor(“prosesor mikroskopis” atau “prosesor dalam chip”), yaitu sirkuit mini dari prosesor computer – atau CPU, komponen yang bertugas untuk memproses atau memanipulasi data ke dalam bentuk informasi. Jika dimodifikasi untuk digunakan pada mesin – mesin selain computer, mikroprosesor dinamakan mikrokontroler atau embedded computer.
II. Jenis-Jenis Chip
 Chip Logic
Merupakan suatu chip yang berfungsi dan bekerja sebagai unit pemroses yang menjalankan perintah-perintah dan melakukan suatu perhitungan. Dalam prosesnya, logic chip ini dibantu oleh memory chip sebagai media penyimpan data yang digunakan pada waktu proses berlangsung
 Chip memori
Jenis-jenis chip memori yang umum dikenal ada dua, yaitu RAM dan ROM.
 Chip RAM(random access memory), chip ini berfungsi untuk menyimpan data dan instruksi program sementara. Terdapat dua macam alat penyimpan, yakni penyimpan primer dan sekunder. Penyimpan primer (primary storage) adalah penyimpan sementara (temporer) saat bekerja dan biasanya disebut pula memori atau memori utama. Sedangkan peyimpanan sekunder (secondary storage) atau cukup disebut penyimpan, merupakan alat penyimpan secara permanen. Memori adalah media penyimpan yang berbentuk chip, sedangkan penyimpan menunjuk pada media semacam disk dan tape. Chip RAM secara temporer menyimpan instruksi perangkat lunak serta data sebelum dan sesudah diproses oleh CPU.
 Chip ROM (read-only memory), berfungsi untuk menyimpan instruksi start-up yang bersifat tetap. Tidak seperti RAM yang datanya selalu ditambah dan berubah, ROM tidak dapat ditulisi atau dihapus oleh pengguna komputer tanpa alat-alat khusus. Chip ROM khusus berisi instruksi start-up yang sudah ditentukan sebelumnya. Oleh sebab itu, chip ROM diisi oleh pabrik pembuatnya dengan program-program yang berisi instruksi khusus untuk operasi dasar komputer, misalnya untuk menghidupkan komputer (BIOS) atau menampilkan karakter ke layar. Chip ROM isinya tidak akan hilang meskipun komputer tidak lagi dialiri listrik.
 Microprocessor
Mesin kecil sebagai pemroses dan pengendali utama proses yang terjadi pada komputer, yang dibuat dalam bentuk chip. Meskipun ukurannya secara fisik tidak terlalu besar, tetapi pemikir utama dari sebuah komputer adalah pada microprocessor ini, dan di sinilah proses utama diolah.
III. Karakteristik Chip
Berikut adalah karakteristik penting dari chip :
 Ukuran bus data internal (internal data bus size): Jumlah saluran yang terdapat dalam mikroprosesor yang menyatakan jumlah bit yang dapat ditransfer antar komponen di dalam chip.
 Ukuran bus data eksternal (external data bus size): Jumlah saluran yang digunakan untuk transfer data antar komponen antara chip dan komponen-komponen di luar chip.
 Ukuran alamat memori (memory address size): Jumlah alamat memori yang dapat dialamati oleh chip secara langsung.
 Kecepatan clock (clock speed): Rate atau kecepatan clock untuk menuntun kerja chip.
 Fitur-fitur spesial (special features): Fitur khusus untuk mendukung aplikasi tertentu seperti fasilitas pemrosesan floating point, multimedia dan sebagainya.
IV. Prinsip Kerja Chip
 Prinsip kerja chip ini adalah trasmiting atau mengirim kode data melalui getaran yang bisa jutaan atau bahkan milyaran getar per detik.




V. Notulen
Pertanyaan-pertanyaan
1. Apa yang dimaksud dengan clock speed ?
2. Berapakah data maksimal dari RAM dan ROM ?
3. Apakah jenis-jenis chip lainnya ?
4. Apa perbedaan chip, microprocessor, dan microcontroller ?
5. Apa yg dimaksud bus internal dan eksternal ?
Jawaban

1. Atau kecepatan clock untuk menuntun kerja chip.
2. Untuk ROM rata-rata data maksimalnya adalah 64 byte saja, sedangkan RAM sampai saat ini masih terus berkembang, saat ini RAM bias mencapai 2 GB.
3. Beberapa contoh chip lain di antaranya adalah,
i. Chip CMOS (complementary metal-oxyde semiconduktor), berfungsi untuk menyimpan instruksi start-up yang bersifat fleksibel. Chip CMOS memperoleh arus listrik dari baterai sehingga isi CMOS tidak akan hilang saat komputer dimatikan. Chip CMOS berisi instruksi-instruksi start-up yang bersifat fleksibel (misalnya jam, tanggal, dan kalender) yang dituntut harus sesuai dengan kalender sehari-hari meskipun komputer dimatikan. Tidak seperti chip ROM, chip CMOS dapat diprogram ulang, misalnya ketika hendak mengubah waktu.
ii. Chip Memori Flash, berfungsi untuk menyimpan program yang flesibel. Chip ini juga termasuk memori yang non-volatile, yang artinya dapat dihapus dan diprogram ulang lebih dari sekali (tidak seperti chip PROM yang hanya dapat diprogram satu kali). Memori flash tidak membutuhkan baterai dan memiliki kapasitas mulai dari 32 megabyte. Chip memori jenis ini dipakai untuk menyimpan program-program, bukan hanya di komputer pribadi, tetapi juga di ponsel, pemutar MP3, PDA, printer dan kamera digital. Memori flash juga digunakan pada PC-PC baru untuk menyimpan instruksi BIOS yang dapat diperbarui secara elektronik tanpa perlu mengganti chip memori flash, berbeda dengan chip ROM.
4. Microprocessor dan microcontroller sebenarnya termasuk golongan chip yaitu komponen yg terdiri dari komponen-komponen lain. Microprocessor adalah pemikir utama dari sebuah computer, dan di sinilah proses utama diolah, sedangkan microcontroller adalah pengendali utama.
5. Bus adalah saluran untuk mentransfer data pada chip,bus eksternal untuk metransfer data antara chip dan komponen selain chip itu,sedangkan bus internal untuk mentransfer data antara komponen-komponen dalam chip itu sendiri.

BAB III
PENUTUPAN
I. Kesimpulan
Jadi chip adalah suatu komponen elektronika yang terdiri dari komponen-komponen lain seperti resistor dan kapasitor. Sehingga chip adalah kompnen yang dibuat denga tujuan untuk menghemat tempat dan biaya. Chip juga terdiri dari banyak jenis dengan masing-masing fingsi yang berbeda.

0 komentar:

Posting Komentar